Import sql File Berukuran Besar

Backup web dari satu hosting dan import backup tersebut ke hosting lainnya bukanlah pekerjaan sehari-hari buat saya. Tetapi dari waktu ke waktu kadang saya harus melakukan hal tersebut. Jadi setiap kali harus melakukannya ada satu dua hal yang saya lupa stepnya dan musti bertanya lagi ke mbah google. Terutama mengenai import file sql berukuran besar (diatas 50MB).

Syukurnya sekarang akses SSH sudah semakin umum disediakan oleh provider hosting, jadi sewaktu import file sql berukuran besar bisa jauh lebih mudah.

Jadi supaya nanti saya gampang ngingetnya, saya tulis aja disini cara mengimpor file SQL berukuran besar.

Secara garis besar begini langkah-langkahnya mengimpor file SQL berukuran besar:

  1. Buat database beserta usernya di cpanel melalui ‘Database Wizard’
  2. Upload file backup tersebut ke server anda, biar mudah upload saja ke folder temporary di root. Biasanya bernama ‘tmp’ (path nya gampang /home/USERNAME_CPANEL/tmp)
  3. Extract file backup sql Anda jika masih dalam format .zip atau .gz atau .tar.gz atau format file terkompresi lainnya. Metode ini hanya bisa menerima input teks, bukan file terkompresi.
  4. Pastikan paket hosting yang Anda sewa menyediakan SSH
  5. Konek ke SSH tersebut menggunakan terminal (MAC OS X / LINUX), Windows bisa menggunakan PUTTY
  6. Setelah berhasil login ke SSH, masukkan perintah: mysql -u USERNAME_DB NAMA_DB < /home/USERNAME_CPANEL/tmp/nama_file.sql.gz -p (kemudian tekan enter, dan masukkan password database Anda yang tadi dibuat di Database Wizard)
  7. Server Anda akan memproses impor tersebut.

Dengan cara ini file sql berukuran 1GB pun bisa diimpor dalam waktu kurang dari 5 menit. Kalau lewat phpmyadmin maksimal hanya 50MB, itu pun luammmaaaaa.

Untuk koneksi ke SSH silahkan tanya ke bagian support penyedia hosting Anda, biasanya mereka sudah buat artikel atau postingan mengenai cara koneksi ke SSH mereka. Contoh di domainesia Panduan Akses SSH Melalui Terminal Linux dan PuTTy

Sumber lainnya mengenai pembuatan database dan usernya di cpanel bisa lihat disini: https://www.namecheap.com/

support/knowledgebase/article.aspx/9184/89/how-to-import-and-export-a-database-via-ssh