Menyesuaikan Diri dengan Keyboard Android

Setelah berpindah dari iPhone ke Android, satu kesulitan yang langsung terasa buat saya adalah menyesuaikan jari dengan layout keyboard Android. Salah ketik jadi semakin sering terjadi.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah menginstall SwiftKey keyboard, terutama karena saya butuh fitur keyboard shortcut nya (supaya kalau nulis hal berulang cukup dengan satu kata kunci saja). Sampai akhirnya saya kembali menggunakan keyboard bawaan Samsung yang ternyata lebih enak dipakai dan juga ada fitur shortcut nya.

Tapi masalah keterbiasaan dalam menggunakan keyboard tetap belum terpecahkan. Dan seperti saya pernah bahas di posting ini saya harus mencari aplikasi latihan mengetik.

Setelah mencoba 3-4 aplikasi, akhirnya saya kecantol dengan Typing Challenge. Sangat sesuai dengan yang saya butuhkan yaitu berlatih menggunakan keyboard bawaan yang sehari-hari kita pakai. Bukan keyboard bikinan aplikasi mengetik itu sendiri.

Aplikasinya sangat simpel. Hanya ada Practice dan Start (tantangan mengetik dalam 1 menit).

Saya paling lama berkutat di bagian practice. Mengetik secara perlahan kata demi kata dan menghindari kesalahan pengetikan. Sengaja saya selalu menahan diri mengetik pelan-pelan supaya dua jempol ini hapal layout keyboardnya.

Untuk pertama latihan, jangan lupa matikan fitur auto-correct biar lebih afdol ngafalin posisi tombolnya. Nanti bisa juga buat latihan mengetik yang efisien antara ketikan dan auto-correct.