Cara Memindahkan Lokasi Backup iPhone

Dengan MacBook Air yang storage-nya cuma 256GB, dan iPhone yang storage-nya 128GB sudah tidak mungkin buat saya mem-backup iPhone tersebut ke laptop. Lha storage hape nya aja udah setengah dari storage laptop.

Tadinya saya mengabaikan saja backup iPhone, tapi kejadian tidak mengenakkan terjadi. Suatu ketika setelah upgrade iOS, sebagian auto-text saya hilang!! Itu benar-benar menyebalkan, karena aktifitas saya banyak membutuhkan teks-teks yang harus diketikkan berulang untuk menjawab pertanyaan yang seringkali berulang dari pelanggan.

Untuk menyelesaikan hal tersebut saya googling mencari cara untuk memindahkan lokasi penyimpanan backup iPhone dari laptop ke harddisk eksternal. Dan dapatlah saya link ini : How to move your iPhone or iPad backups to an external hard drive .

Intinya:

OSX

  1. Buka terminal.
  2. Ketikkan: ln -s /Volumes/nama_harddisk/nama_folder_backup_baru ~/Library/Application\ Support/MobileSync/Backup/
    1. nama_harddisk, ganti dengan nama hard disk eksternal tempat anda menyimpan backup
    2. nama_folder_backup_baru, ganti dengan nama folder tempat menyimpan backup iphone (buat dulu folder ini sebelum menjalankan perintah di atas).
    3. Note: usahakan tidak ada spasi atau karakter aneh pada nama harddisk dan nama folder. Bila ada spasi, misalkan nama HDD nya “Punya Eti“, maka harus ditambahkan tanda “\“, menjadi “Punya\ Eti” (tetap dengan spasi sebelum kata Eti.

Langkah-langkah diatas hanya untuk memindahkan lokasi penyimpanan backup, bukan untuk memindahkan backup yang sudah ada. Untuk memindahkan backup yang sudah ada di laptop bisa dilihat pada link di atas.

Windows

  1. Silahkan baca langsung pada link di atas