Hamster Kawin, Hamster Lahiran

Warning: animal explicit content! Buat yang geli/jijik terhadap binatang serupa tikus/anak tikus, lebih baik jangan baca posting ini. Walau ini hamster bukan tikus, tetep aja kalian akan bilang ini tikus :p

Ok, you’ve been warned. 🙂

Ketika pertama kali punya hamster, gue bertanya-tanya; Kapan hamster gue kawin, beranak, dan jadi banyak? Kapan dia siap kawin? Bagaimana Mengawinkannya? Bagaimana membedakan induk yang hamil? Bagaimana merawat hamster setelah lahiran? Nah kali ini gue bahas soal peristiwa kawin dan lahiran hamster, dan dihususkan hanya membahas hamster jenis syrian.

Dan semuanya terjawab kemudian, baik dari referensi internet maupun hasil pengamatan pribadi. Hamster betina, semakin muda semakin sulit untuk dikawinkan dan juga sangat beresiko pasca melahirkannya (terutama buat anak-anaknya). Dan sebaliknya, semakin tua usia hamster, semakin mudah dikawinkan, dan tingkat survival rate anak-anak yang dilahirkan semakin tinggi. Dan hamster muda lebih liar, masih takut sama orang, semakin gede semakin jinak.

Hamster gue yang pernah melahirkan memiliki histori sebagai berikut.

  1. Lahiran pertama, anaknya lahir 10, dalam dua hari berkurang hingga tinggal 2 ekor. Sisanya dimakan induknya.
  2. Lahiran kedua, anaknya lahir sekitar 12 ekor, dalam tiga hari hanya tersisa 6 ekor.
  3. Lahiran ketiga, anaknya lahir 11 ekor, dalam seminggu masih bertahan 11 ekor. Sayang kemudian induknya hilang, entah kabur atau dimakan kucing.

Adalagi yang begini:

  1. Lahiran pertama 15 ekor. Karena salah rawat, dalam 1 malam habis semuanya dimakan induknya.
  2. Lahiran kedua lahir 8 ekor. Sampai waktu satu minggu hanya mati 2 ekor. Setelah 2 minggu semua anaknya dimakan kucing. Induknya selamat, kabur ke kandang sebelah.

Siklus awal hidup hamster:

  1. Dalam kandungan 15-20 hari. Lahir dan dipilih oleh induknya.
  2. Pada hari kelima mulai tumbuh bulu-bulu halus. Corak dan warna bulu ketika dewasa sudah bisa dilihat dari saat itu. bahkan kelamin pun sudah bisa jelas dibedakan.

    Jenis kelamin mulai bisa dibedakan, yang betina akan memiliki titik-titik puting susu (lihat panah pada gambar)
  3. Jenis kelamin anak Hamster gue kebanyakan cewek. ya perbandingannya jantan 2 : betina 4-5
  4. Anak hamster masih buta sampai hari ke sepuluh setelah lahirnya. Setelah itu baru matanya kebuka.
  5. Sekitar 8 hari setelah lahir, anak hamster mulai wara-wiri keliling kandang, belajar nyari makan sendiri. Pada tahap ini induk hamster masih repot mengembalikan anak-anak nakal itu kembali ke ‘sarang’nya (biasanya di satu sudut di kandangnya).
  6. Dalam waktu 2 minggu, anak-anak hamster sudah lari-larian, cari makan, dan minum air putih. Walau masih nyusu sama induknya.
  7. Dalam waktu 3 minggu, anak-anak hamster sudah mulai berbentuk hamster mini, dan sudah mulai jarang menyusu ke induknya. Biasanya umur segini sudah ‘dipanen’ untuk dijual.
  8. Dalam waktu 1 bulan anak-anak hamster sudah betul-betul bisa mandiri dan dipisahkan dari induknya. Secara fisik sudah bisa hamil.
  9. Dalam waktu 1,5 bulan testis hamster jantan sudah muncul, yang menandakan sudah bisa dikawinkan. Tapi biasanya belum mau dan belum jago Smile with tongue out
  10. Dalam waktu 2 bulan hamster (betina-jantan) sudah siap kawin. Lebih baik lagi kalau dikawinkan pada usia 3 bulan.

Masa-masa berahi (mau kawin)

Hamster Jantan. Sejauh yang gue liat, kayaknya hamster jantan selalu dalam keadaan siap kawin. Adalagi kondisi unik yaitu ketika hamster jantan seperti berusaha mneggaruk tubuhnya ke benda-benda yang ada di dalam kandang, bahkan ke dinding kandang. Ini bukannya lagi garuk kutu, tapi dia lagi menandai wilayah kekuasaan dengan menempelkan baunya yang dihasilkan kelenjar penghasil bau di depan kaki belakangnya.  Secara fisik, hamster jantan akan kelihatan lebih kecil dan ramping ketimbang betinanya. Dan menariknya, dua biji (testis) mereka yang ekstra besar itu, sering dipake buat bantal sama pemiliknya kalo lagi tidur (wakakakakakaka).


Nah sekarang percaya kan kalo biji hamster bisa dipake buat bantal sama doi.

Hamster Betina. Hamster betina ketika mau kawin juga mengeluarkan aroma yang khas, dan kedua, tampak lebih kalem, ketika dipegang / ditekan bagian atas ekornya, serta merta dia memasang posisi siap dikawin (lihat foto). Secara fisik, hamster betina memiliki tubuh lebih besar ketimbang pejantannya.


Dikelitikin sedikit langsung memasang posisi kawin.<foto>

Proses Perkawinan

Proses perkawinan hamster bisa terjadi semalam penuh, umumnya dari sore hingga pagi. Diselingi makan-minum dan beberapa kali tidur. Demi jelasnya, mari kita lihat foto dan video dibawah ini:

<video>

Masa Hamil

Seperti sudah diutarakan sebelumnya, hamster jenis syirian hamil selama 15-21 hari. Tanda-tanda dia akan melahirkan biasanya si betina akan gelisah mondar-mandir berusaha kabur dari kandang. Hamster pada umumnya seringkali berusaha kabur, tapi untuk hamster yang ingin melahirkan, usaha kabur ini (gelisah) bisa berlangsung semalaman. Dan bila ada pejantan di kandang itu, dia akan berusaha menyerang si jantan. Selama ini hamster-hamster gue biasanya lahir mulai dari menjelang subuh sampai siang hari.

Dari hasil pengamatan gue, pada 2-3 hari menjelang melahirkan, perut hamster betina akan membesar lebih daripada normal. Buat pemula kadang petunjuk ini suka menipu, maksudnya hamster pada saat biasa terkadang bisa terlihat lebih gemuk, itu biasanya sewaktu dia dalam posisi makan sambil duduk atau membersihkan diri sambil duduk. Ada yang bilang bentuk tubuhnya akan kelihatan seperti lampu bohlam ketika kita angkat si hamster dengan dua jari (seperti megang leher botol) dan mengangkatnya pada bagian bawah lengan depannya.

Begitu kita lihat tanda-tanda / menurut hitungan tanggal si betina akan melahirkan, segera bersihkan kandangnya apabila terlihat kotor, dan penuhin makanan serta minumannya, sebab dalam beberapa hari ke depan diharapkan kita tidak mengutak-atik kandangnya. Karena kondisi lingkungan yang kotor dapat mempengaruhi kesehatan bayi hamster. Trust me on this, gue dah ngalamin anak hamster umur hampir 2 minggu mati satu persatu tanpa sebab jelas, yang jelas adalah kandangnya kotor. Dan tentu saja, segera pisahkan pejantannya. Hamster syirian bukanlah jenis yang bisa disatukan jantan dan betina ketika sedang ada bayi.

Kandang yang kotor juga dapat menyebabkan semacam penyakit katarak pada mata hamster.

Kalau mau hamster yang lebih mesra dan kooperatif antara pejantan-betina dalam mengurus bayi, Anda harusnya pelihara hamster dwarf dari jenis campbell atau winter. Gue dah liat sendiri bagaimana hamster dwarf campbell bergantian mengurus anaknya. Bahkan ketika anak hamster syirian yang gak diurus induknya gue kasih ke pasangan itu. Sang induk Campbell langsung memungut anak hamster syirian itu, membawanya ke tempat anak-anaknya, dibersihin dan diperlakuin kayak anak sendiri. Begitu anak syirian lain gue kasih ke induk syirian yang lain, begitu mendarat langsung tu bayi dimakan.


Seekor induk hamster campbell tengah merawat (membersihkan)
anak hamster syirian yang gue masukin ke kandangnya.


Beda dengan induk hamster syrian ini, begitu ada anak asing baunya, langsung dimakan.

Masa Melahirkan

Begitu sudah terlihat dia melahirkan satu ekor anak, biarkan dia dan jangan diganggu. Bahkan selama 3-4 hari, biarkan saja, jangan sekali-kali mengutak-atik kondisi dalam kandangnya. Apalagi kalau yang sedang lahiran adalah hamster yang pertama kali mengalami proses melahirkan. Dia akan gampang sekali stress. Dan apabila ada gangguan pada kandangnya, dia bisa memakan anak-anaknya (dengan tujuan melindungi).


Proses melahirkan yang menyakitkan dan melelahkan.
Pada gambar diatas, induk hamster ini selalu berpindah tempat tiap kali dia melahirkan seekor anaknya.

Juga ketika melahirkan ini, anak-anaknya akan terlihat berserakan disekeliling kandang. Dan kita temuin sang induk lagi tidur dipojokan. Kenapa posisi anaknya acak-acakan? Karena ketika tiap satu anak keluar, sang induk (terutama yang pertama kali melahirkan) akan berpindah tempat dan melahirkan di tempat lain. Kadang kalau lahirnya siang, sampai malam kita lihat masih berserakan. Biarin aja, jangan coba-coba dipindahin, karena begitu baunya beda, matilah tu anak. Lagipula, bayi hamster yang baru lahir masih bawa persediaan makanan di pusarnya, yang cukup untuk 2 harian (kalo gak salah inget). Dari pengalaman gue, malemnya anaknya masih berserakan, pas pagi udah rapih semuanya disusuin sama induknya.


Acak-acakan, seperti induk pemula pada foto ini.


Masih ada persediaan makan alami, lihat bagian ‘pusar’-nya.

Selama 1-2 hari ke depan, sang induk akan terlihat jarang menyentuh makanan dan minuman, biarin aja, gak usah panik, itu wajar, gak perlu menggeser makanan ke dekat sang induk (I’ve done this). Bahkan setelah 2 hari itu, kebanyakan yang dilakukan sang induk adalah menimbun makanan di tempat tertentu. Biasanya nggak jauh dari tempat dia ‘mengerami’ anak-anaknya, jadi sambil nyusuin anak si induk juga bisa sambil makan. Sang induk akan kelihatan lahap makan lagi begitu anak-anaknya sudah berusia lebih dari satu minggu. Setelah umur anaknya lebih dari 10 hari, si induk baru meminta waktu lebih untuk sendiri. Ya mulai lari-larian di roda lagi, bahkan gak jarang di tengah tidur sambil nyusuin anaknya, dia bangun, pindah tempat (anaknya berceceran dijalan) dan begitu aja tidur sendirian di pojok.

Induk hamster akan menentukan berapa anakan yang sanggup dia rawat. Dia akan memakan mulai dari anak dengan kondisi terlemah, dan menyisakan sebagian yang dia ‘sanggupi’ untuk dirawat.


Ini jumlah awal dari anak-anaknya. Bisa terlihat mana yang sehat dan yang kurang sehat (dari ukuran badan sudah nggak seimbang)


Ini jumlah yang diputuskan untuk tetap dirawat oleh induknya (hanya tiga).

Induk yang pertama kali melahirkan belum mahir menyusui. Seringkali ketika anaknya menyusu dia merasa geli dan menggaruk sekitar putting susu yang lagi dihisap si anak, hingga anaknya pun ketendang. Juga dia belum pandai mengatur posisi tubuh, sehingga seringkali tidak semua anak kebagian tempat untuk menyusu (ini juga yang menyebabkan tingkat kematian anak tinggi pada induk pemula). Tapi beda dengan induk yang sudah 2-3 kali melahirkan, gue dah liat bagaimana dengan apiknya dia mengatur agar 11 anak bisa menyusu berbarengan!


Induk yang sudah berpengalaman (ini adalah melahirkan yang ketiga kalinya).


Gaya apapun jadi.

Anak-anak hamster akan keliatan seperti sedang ditindih induknya. Jangan khawatir , itu sebetulnya sedang dihangatkan oleh induknya. Dan dibawah situ mereka sedang asik nyusu. Jangan pegang anak-anak hamster sampai mereka berumur 3 minggu ke atas.


umur 3 mingguan, siap jadi biang rusuh di kandang.


(in memoriam) Keluarga hamster yang habis dimakan kucing :

 

Dua keluarga hamster yang bertahan sampai saat ini:


Ki-ka : Keluarga 1 (anak betina, induk, anak jantan), Keluarga 2 (induk, anak betina)


Ki-ka : Anak (betina), induk


Ki-ka : Anak (betina), anak (jantan), induk


 

Selamat malam semuanya…. selamat tidur…