Hamster Dwarf Campbell Gue Lahiran!!

Kemarin malam, malam senin, gue liat hamster betina gue yang jenis Campbell udah wara-wiri gak jelas. Perutnya udah terlihat membengkak besar. Gue curiga itu hamster lagi kontraksi, udah lama gue tahu itu hamster lagi hamil.

Gue perhatikan perutnya lebih dekat lagi. Pertama yang kelihatan cuma perut kembang kempis karena nafas, tapi sesekali ada gerakan yang ganjil terjadi di dalam perutnya. Waaah girangnya gue, lantas gue tongkrongin lah itu kandang hamster, dengan harapan bisa menyaksikan langsung proses kelahirannya.

P1020063Gambar di kiri adalah set-up kandang hamster Campbell gue. Mangkuk kecil itu untuk nampung makanan dan tupperware kecil itu untuk pasir tempat dia jumpalitan sekaligus pipis. Si Hamster betina keliatan gak bisa diem dan gak bisa tidur lama dalam satu posisi. Juga sering banget dia garuk-garuk dinding luar tupperware-nya. Gue pikir,  “Kasian, lagi mules kali dia.” Selain itu, minumnya pun jadi banyak.

Melihat semua ciri-ciri dan gelagat itu, gue makin yakin ini hamster bakal lahiran. Ditambah tuh hamster mulai ngangkutin serbuk kayu dari bawah ke dalam mangkuk tupperware. Maka gue masukin tissue toilet yang udah dipotong-potong seadanya, gue jatuhin di kandang. Gue kira bakal dikumpulin di pojok kiri belakang, dibuat jadi sarang barengan sama serbuk gergaji, ternyata tissue-tissue tadi dipotong lagi kecil-kecil sama dia dan dibawa masuk ke tupperware berisi pasir itu. Gue langsung nginget-nginget lagi, di mana habitat asli hamster campbell, apakah di gurun atau steppa, dan ini yang gue dapet:

Habitat Asli hamster Campbell

The Campbells Russian hamster usually lives in steppes (vast, semi-arid grass covered plains), here they are able to dig their burrows, which often extend three feet into the ground. These burrows are usually very comfortable, with the walls of it’s chambers lined with scavenged sheep wool and dry grass.

http://www.hamsterific.com/RussianHamster.cfm

Mungkin dia butuh permukaan yang lebih lembut seperti pasir ketimbang lantai plastik akuarium. Dan gue pun menunggu-dan menunggu sampe sempat ketiduran di kursi balkon. Begitu gue tengok lagi terlihat dia mulai agresif sama pejantannya. Gue tes masukin spidol ke depan hamster betina dan langsung digigit! Wah bener nih bakal lahiran. Tapi mata udah gak bisa diajak kompromi, akhirnya gue masuk kamar dan tidur; “Ah, paling besok pagi lahirannya”

Dan pagi ini jam 9 baru gue inget lagi tuh hamster, buru-buru gue tengok daaaaan alhamdulillah, udah lahir 6 anak hamster yang masih merah dan tanpa daya di dalam mangkuk tupperware, di sela-sela potongan halus tissue toilet. Bener-bener gak nyangka bakal lahir 6 ekor, gue perkirain cuma 2 anakan aja yang lahir, pantes aja hamilnya gede.P1020059

Melihat itu, yang terbetik di kepala saya adalah, berapa anakan yang akan bertahan hidup? Menilik dari dua pengalaman sebelumnya pada hamster jenis Syrian, pertama lahir 16 ekor anakan, mati semua dalam 3 hari (ini karena salah penanganan, maklum pengalaman pertama). Yang kedua (Syrian juga), lahir 9 ekor, yang bertahan sampai agak besar 5, dan yang betul-betul bertahan sampai besar cuma 2 ekor, sepasang cowok-cewek. Semuanya mati dimakan induk betinanya. Dan untuk Campbell ini, jantannya tidak saya pisahkan, karena pejantan jenis Campbell lebih care sama anakannya ketimbang pejantan Syrian yang bakal makan anaknya.

Kenapa Pejantan Campbell Tidak Perlu Dipisahkan Setelah Betinanya Lahiran?

Just prior to giving birth, the female Siberian, Chinese dwarf and Roborovski will chase the male from the nest for a few days of bachelorhood. It isn’t very long however before he becomes a valuable contributor in assisting with the little ones.

The Campbells male, however, interacts from the time of birth and doesn’t get these few days of rest and relaxation before being called upon to help with the young. According to a study conducted in 1998 by Katherin Wynne-Edwards at Queen’s University in Kingston, Ontario, "Djungarian (Campbells) hamsters are paws-on dads.". Canadian scientists have observed the Campbells males helping tp pull babies from the birth canal of the mother, lick off birth membranes, open the pup’s airways and then "share a snack of afterbirth with the mother". The report also states, "Djungarian fathers have hormonal fluctuations similar to the mother’s around the time of birth. Estrogen and cortisol levels rise before the birth, and then fall away afterwards as testosterone levels rise. This does not happen in the closely related Siberian hamster."

http://www.hamsterific.com/BreedingDwarfs.cfm

Berhubung hawa di balkon seringkali panas gak kira-kira, maka khusus akuarium satu ini gue pindahkan ke dalam kamar, tepat di atas akuarium, biar adem. Untung 1 hari yang lalu, itu akuarium hamsternya baru aja dicuci. Jadi 3 minggu ke depan tanpa pembersihan gak akan bau-bau banget lah Big Grin

shocked-hammie
Bonus, hamster syrian lagi kaget Rolling on the floor