Little Flame Man

Akhirnya saya menggambar lagi tokoh kecil ini. Little Flame Man sebuah maskot komunitas Zippo di Indonesia yang lahir pada tahun 2011. 

Dari polling bersama para hobiis terpilihlah maskot ini, kreasi pecinta Zippo Bandung dengan nickname Cokro. Awalnya tanpa nama, hanya disebut “Zippoid”. Sampai ketika seorang kolektor asal Amerika dengan niCk Top Hat Tom melihat logo ini dia berkomentar: “..what a nice little flame man…” Dan saya pun segera mengusulkan hal tersebut menjadi nama maskot ini. 

Pada suatu sore setelah magrib, kepala saya  mendadak kebanjiran ide. Berbekal ipad 2 dan stylusnya mulailah saya menggambar icon-icon Little Flame Man dalam berbagai susana dan gaya, untuk dijadikan ikon forum diskusi komunitas Zippo. 

Layer pertama sketsa, layer kedua coloring, dan layer ketiga outline. Sayangnya file asli nya terhapus di aplikasi adobe ideas ipad tersebut. Sekarang ikon-ikon tersebut masih digunakan di http://www.zigath.com. 

Itulah seingat saya terakhir kalinya saya menggambar maskot ini. Pada 2012 sketsa salah satu ikon tersebut diangkat menjadi desain Zippo gathering pertama penggemar Zippo di Indonesia. 


Dan sekarang tahun 2017, saya masih di komunitas Zippo dan mendapatkan lagi gairah yang sama untuk menggambar ikon Little Flame Man. Dari sketsa di buku tulis dan diselesaikan melalui Adobe Illustrator.

Seperti sebelumnya, ide nya datang begitu saja, kali ini ketika saya sedang berdiskusi dengan ketua panitia penyeleggara Gathering penggemar Zippo Indonesia 2018 di Malang. Diskusi yang menyenangkan, lempar melempar ide mengalir dengan lancar dan tak terasa saya sudah membuat sketsa ini di buku tulis. 

Yes, this is just one sketch, but having back the feel is awesome!